Kota Kupang Butuh 564 Ribu Dosis Vaksin

Untuk vaksinasi tahap satu masih dibutuhkan 236 ribu dosis dan vaksinasi tahap dua dibutuhkan 327 ribu lebih dosis sampai dengan Desember 2021.

Vaksin AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca

Pemerintah Kota Kupang mendapat alokasi vaksin tahap dua AstraZeneca pada minggu keempat bulan ini sebanyak 15 ribu dosis. Sedangkan sisa kebutuhan vaksinasi diperhitungkan hingga 564 ribu dosis vaksin.

Menurut Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, sebenarnya jumlah vaksin yang diajukan adalah 23 ribu dosis kepada Pemerintah Provinsi NTT. Sehingga sementara ini pihaknya akan fokus pada pengadaan vaksinasi tahap dua.

Dia kemudian merinci tentang kebutuhan vaksin. Untuk vaksinasi tahap satu masih dibutuhkan 236 ribu dosis dan vaksinasi tahap dua dibutuhkan 327 ribu lebih dosis sampai dengan Desember 2021.

Angka yang dikejar dari 564 ribu dosis ini minimal sebanyak 114 ribu vaksinasi tahap satu dan kedua 318 ribu. Total yang perlu dikejar yaitu 432.312 dosis yang nantinya diajukan ke Gubernur NTT untuk vaksinasi hingga akhir tahun.

“Saya hitung ketat betul ternyata angkanya yang kita kejar,” kata Hermanus di rumah dinasnya, Minggu, 25 Juli 2021.

Pihaknya ingin mempercepat proses vaksinasi hingga September 2021 mencapai 80 persen. Saat ini vaksinasi secara keseluruhan mencapai 45 persen dari 80 persen target vaksinasi.

Sisanya, 35 persen atau 114 ribu vaksinasi hingga dengan Desember ini.

Memenuhi target itu tidak akan lama bahkan terpenuhi sebelum Desember jika target vaksinasi harian mencapai 10 ribu penerima vaksin.

“Ini untuk mengejar herd immunity,” ujarnya.

Apabila herd immunity tercapai, maka Pemerintah Kota Kupang dapat membantu vaksinasi bagi pedagang atau pengusaha informal asal kabupaten tetangga yang mencari nafkah di Kota Kupang.

“Kalau sudah 80 persen, saya mau melindungi agar mereka lain yang mau masuk Kota Kupang aman,” kata Herman.

Dua minggu ke depan ini, ungkapnya, adalah bagaimana menuntaskan vaksin 15 ribu dosis tahap dua yang akan datang. (Ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *