Pasien Pertama Terdeteksi Omicron di NTT Sudah Sembuh

Pasien sendiri diketahui memiliki gejala ringan. Retnowati mengatakan pasien penderita varian Omicron sudah menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh.

Ilustrasi - Covid-19 varian baru Omicron. ANTARA/Andi Firdaus

Ilustrasi - Covid-19 varian baru Omicron. ANTARA/Andi Firdaus

Varian baru Covid-19 Omicron terdeteksi di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pasien tersebut merupakan pasien pertama yang terinfeksi varian Omicron. Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati membenarkan informasi tersebut.

Retnowati menjelaskan, sampel pasien tersebut dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Berdasarkan gejala yang dialami pasien, pemeriksaan itu untuk memastikan pasien terinfeksi varian Omicron atau bukan.

Sampel tersebut dikirimkan 19 Januari 2022 lalu. Ada 2 sampel yang dikirimkan saat itu. Hasil pemeriksaannya baru didapatkan hari ini, 7 Februari 2022.

“Iya (benar positif Omicron). Pasien yang lama. 19 Januari lalu sampelnya kami kirim dan baru tadi ada hasil,” tulis Retnowati dalam pesan WhatsApp yang diterima katongNTT pada Senin (7/2/2021).

Pasien tersebut diketahui melakukan perjalanan dari Amerika Serikat. Retnowati mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien.

Pasien terdeteksi mengalami gejala ringan dan kemudian menjalani perawatan. Menurut Retnowati pasien terpapar Omicron dinyatakan sembuh.

“Waktu itu kontak erat sudah diperiksa semua,” jelas Retnowati.

“Pasien gejala ringan dan sudah sembuh,” pungkasnya. (K-04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *