Tel Aviv di Israel, Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Distrik-Bauhaus-di-Tel-Aviv, ibukota Israel (Culturetrip)

Distrik-Bauhaus-di-Tel-Aviv, ibukota Israel. (Culturetrip)

Tel Aviv, ibukota Israel untuk pertama kali menempati posisi kota dengan biaya hidup termahal di dunia pada tahun 2021. Tel Aviv menggantikan posisi Paris, ibukota Prancis pada tahun 2020.

Berdasarkan laporan bertajuk Worldwire Cost of Living Index yang dirilis Economist Intelligence Unit (EIU) pada November ini, Tel Aviv menempati posisi kota termahal kelima di dunia pada 2020.

Peningkatan drastis Tel Aviv menjadi kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia disebabkan peningkatan harga barang kebutuhan sehari-hari dan transportasi. Penyebab yang tak kalah penting adalah menguatnya nilai mata uang Israel, shekel terhadap Dolar Amerika Serikat.

Untuk posisi kota termahal berikutnya ditempati Paris dan Singapura. Zurich dan Hong Kong menjadi kota termahal keempat dan kelima di dunia.

Adapun sebagian besar kota-kota besar di Amerika Serikat mengalami penurunan ranking untuk tahun 2021. Ini terjadi setelah pemerintah menyuntikkan dana untuk mengatasi perekonomiannya akibat pandemi Covid-19.

Survei Worldwide Cost of Living terhadap 173 kota di dunia tahun 2021 memperhitungkan angka inflasi harga produk kebutuhan sehari-hari sebesar 3,5 persen, tercepat dalam lima tahun terakhir. Perhitungan inflasi ini tidak termasuk kota Caracas (Venezuela), Damascus (Suriah), Buenos Aires (Argentina), dan Teheran (Iran). Kelima kota ini mengalami hyperinflation.

Situasi ini membuat Damascus, Ibukota Suriah menjadi kota dengan biaya hidup termurah di dunia dalam tahun 2021. Posisi serupa dengan tahun 2020.

Sedangkan Teheran menjadi kota dengan kenaikan ranking terbanyak dari ke 79 di tahun 2020 menjadi 29 di tahun ini.

Kota-kota dengan biaya hidup termurah lainnya tersebar di Afrika, Timur Tengah, dan sebagaian di Asia.

Tim riset EUI mengumpulkan data setiap Maret dan September dalam membuat Worldwide Cost of Living Index. EUI sudah lebih dari tiga dekade mengadakan survei tentang kota dengan biaya hidup termahal hingga termurah di dunia. (CNN/Euro News).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *