Tjahjo Kumolo Wafat, Begini Jejak Perjalanan Kader Terbaik PDIP

Tjahja Kumolo, Menpan RB wafat (menpan.go.id)

Tjahja Kumolo, Menpan RB wafat (menpan.go.id)

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Tjahjo wafat setelah berjuang melawan infeksi paru-paru. Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang menyebut Tjahjo Kumolo meninggal pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.10 WIB setelah dirawat di rumah sakit. Ada infeksi yang menyebar ke paru-parunya.

Sebelumnya, Tjahjo dikabarkan sudah menjalani perawatan insentif di rumah sakit sejak pekan lalu. Bahkan sempat berhembus kabar kalau Tjahjo dalam keadaan koma.

Namun informasi tersebut langsung dibantah oleh Sekretaris KementerianPANRB, Rini Widyantini. Rini menyebut kalau kondisi kesehatan Tjahjo sudah membaik pada sepekan lalu.

“Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik,” ujar Rini di Jakarta. Jumat (24/6/2022).

PDIP Berduka

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Ia merupakan salah satu kader terbaik yang dimiliki PDIP.

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menyampaikan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan kepada seluruh kader partai berlambang banteng tersebut untuk memberikan penmghormatan terbaik atas kepergian Tjahjo Kumolo.

“Ibu Megawati Soekarnoputri menyampaikan rasa duka cita yang mendalam dan juga memerintahkan kepada ke Pak Sekjen dan seluruh jajaran untuk memberikan pelayanan yang terbaik, untuk memberikan penghormatan terbaik kepada almarhum, di mana beliau adalah kader yang terbaik,” ujar Eriko Sotarduga di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Bagi para kader PDIP, Kata Eriko, Tjahjo dinilai sebagai mantan Sekretaris Jenderal PDIP yang disebut selalu tersenyum dan tak pernah marah. “Kami menyebutnya Sekjen senior, orang yang baik hati, yang selalu tersenyum, yang tidak pernah marah. Saya mendampingi beliau sebagai wakil sekjen selama lima tahun, merasakan betul kedekatan bersama beliau dan kami semua sangat kehilangan,” kenang Eriko.

Mengenang Tjahjo Kumolo

Melansir dari tjahjokumolo.id, Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 atau meninggal di usia 64 tahun. Dia menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Tjahjo juga merupakan salah seorang politikus Indonesia dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.
Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Pendidikan

• Tamat Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Tahun 1985
• Tamat Lemhanas 1993
• Jabatan di Kabinet
• Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB)
• Kabinet Indonesia Kerja 2014-2019 sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri)
• Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP)
• Wakil Ketua Komisi Kepolisian Hukum dan HAM RI
• Pernah Menjadi Menteri Pertahanan Ad intern

Riwayat Jabatan Lain

  1. Tahun 2014 : Ketua Tim Sukses Capres-Cawapres Jokowi-Jusuf Kalla
  2. Tahun 2010 : Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP)
  3. Tahun 2010 : Ketua Fraksi DPR-PDIP
  4. Tahun 2005 : Ketua DPP PDIP
  5. Tahun 2000 : Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI
  6. Tahun 1998 : Direktur SDM DPP DPIP
  7. Tahun 1987-2014 : Anggota DPR-MPR RI dari Dapil Jawa Tengah (6 periode jabatan)
  8. Tahun 1984-1992 :
    • Ketua KNPI Jawa Tengah
    • Sekjen KNPI Pusat
    • Ketua Umum KNPI Pusat
  9. Tahun 1989-2015
    • Ketua Pusat PPM
    • Dewan Penasehat FKPPI
  10. Tahun 1985
    • Sekretaris MKGR Mayjen TNI RH Soegandhi Jawa Tengah
  11. Tahun 1988
    • Pengurus Pleno Dewan Harian Nasional 45
    • Anggota Dewan Film
    • Anggota IDF Bappenas RI. (Yogen Sogen)

Baca juga : Kabar Duka, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Wafat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *