Gempa guncang Flores

Gempa guncang Flores

Kupang – Gempa tektonik berkekuatan M5,5 guncang laut Flores, Sabtu (32/7/2022). Gempa terjadi pada pukul 13.09.17 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa memiliki parameter update dengan magnitudo M5,4.

BMKG menjelaskan, jenis gempa tersebut merupakan gempa dangkal akibat sesar aktif di laut Flores. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,65° LS ; 122,43° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 km BaratLaut Larantuka, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 11 km.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike-slip ).

Pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Gempa besar tersebut diikuti 3 kali gempa susulan hingga pukul 13.50 WIB dengan magnitudo terbesar M4,5.

Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Ende, Maumere dengan skala intensitas II MMI – III ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ), daerah Larantuka, Lewoleba, Adonara, Mbay-Nagekeo dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Meski demikian, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi bangunan tempat tinggal tahan gempa dan tidak terjadi retakan akibat guncangan gempa. Masyarakat diminta menghindari bangunan yang retak akibat guncangan gempa.

Baca juga: 1.000 Orang Tewas Diterjang Gempa di Afganistan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *