Hari Ini Sebagian Besar Wilayah NTT Berpotensi Hujan Petir

Ilustrasi hujan petir (Basis13.com)

Ilustrasi hujan petir (Basis13.com)

Kupang – Sebagian besar wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini, Jumat (18/3/2022) diperkirakan mengalami hujan petir di siang hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, potensi hujan petir di siang hari terjadi di wilayah Kabupaten Belu, Malaka, Ngada, Manggarai Timur dan Ende.

Selanjutnya, Kabupaten Alor, TTU, Kota Kupang, Nagekeo, Kabupaten Kupang, Manggarai, TTS, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Daerah yang diperkirakan mengalami cuaca berawan disiang hari yakni Kabupaten Sabu, Sikka, Flores Timur, Lembata dan Rote Ndao. Di Manggarai Barat berpotensi hujan sedang di siang hari.

Pada malam hari nanti, sebagian besar wilayah di NTT diperkirakan mengalami cuaca berawan. Beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan ringan yakni Manggarai Barat, Manggarai Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Kabupaten Kupang dan Rote Ndao diprediksi mengalami hujan disertai petir pada dini hari. Sejumlah wilayah lain mengalami hujan ringan yakni Sumba Barat, Sabu, TTS, Kota Kupang, TTU dan Malaka.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi mengatakan saat ini suhu muka laut di NTT masih cukup hangat. Dengan didukung oleh kelembaban yang cukup basah dan labilitas lokal yang kuat, sehingga meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, terdapat sirkulasi siklonik di sebelah utara Flores bagian timur yang turut mempengaruhi pertumbuhan awan konvektif. Kondisi ini, kata Agung, menyebabkan potensi hujan ringan hingga hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

“Waspada potensi cuaca ekstrem di masa peralihan musim seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, puting beliung, dan hujan es,” Kata Agung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *