Ini Penjelasan BMKG Soal Suhu Panas di NTT

Ilustrasi suhu panas (liputan6.com)

Ilustrasi suhu panas (liputan6.com)

Kupang – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan suhu panas maksimum hari ini mencapai 34 derajat celsius. Cuaca ini dirasakan di Wilayah Indonesia bagian Selatan termasuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi kepada KatongNTT Selasa (26/4/2022) siang menjelaskan, berdasarkan pantauan citra satelit, pada siang hari tutupan awan di wilayah NTT relatif kurang.

“Pada saat cuaca cerah kurang awan, wilayah dengan suhu tinggi dan kelembapan udara rendah akan merasakan cuaca panas-kering (terik),” kata Agung.

Agung mengatakan, kondisi ini disebabkan oleh pancaran radiasi matahari diterima maksimum oleh permukaan bumi. Dengan kondisi suhu udara pada siang hari tercatat cukup panas dan kelembapan udara relatif cukup rendah, sehingga udara akan terasa kering dan panas.

Agung melanjutkan, berkurangnya tutupan awan terutama wilayah Indonesia bagian Selatan termasuk NTT satu faktor pemicunya adalah wilayah ini tengah berada pada masa transisi dari musim hujan menuju musim kemarau.

Transisi musim itu, kata Agung, ditandai oleh mulai berhembusnya angin timuran dari Benua Australia (monsun Australia) terutama di wilayah bagian selatan Indonesia. Angin monsun Australia ini memiliki sifat kering atau kurang membawa uap air sehingga menghambat pertumbuhan awan.

Pada website resmi BMKG, suhu Kota Kupang pada 26 April 2022 pukul 14.00 WITA mencapai 34 derajat. Suhu yang sama juga diperkirakan terjadi pada besok 27 April 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *