KM Express Cantika 77 Kebakaran, 14 Orang Meninggal

KM Express Cantika 77 rute Kupang – Alor mengalami kebakaran di Perairan Naikliu pada Senin siang, 24 Oktober 2022.

Tim SAR mengevakuasi penumpang KM Express Cantika 77 yang kebakaran di Perairan Naikliu, NTT pada Senin sore, 24 Oktober 2022.

Tim SAR mengevakuasi penumpang KM Express Cantika 77 yang kebakaran di Perairan Naikliu, NTT pada Senin sore, 24 Oktober 2022.

Kupang – Basarnas Pusat melaporkan sedikitnya 14 orang meninggal dan 229 orang selamat dari peristiwa Kapal Motor Express Cantika 77 kebakaran pada Senin siang, 24 Oktober 2022.

“Basarnas mendata sedkitnya 14 orang penumpang.  Jumlah penumpang 240 orang, yang selamat 226 orang,” kata Albert Weno, Humas Basarnas Pusat kepada KatongNTT.com, Senin malam.

Menurut Albert,  pembaruan informasi akan terus dilakukan dari tim SAR di NTT. Jumlah 14 orang meninggal diperoleh dari Basarnas Kupang pada jam 22.00 Wita.

Saat kapal tim Basarnas, Antareja melakukan evakuasi, ditemukan 97  orang dengan rincian 90 orang selamat dan 7 orang meninggal.  “7 yang meninggal lainnya dari tim evakuasi lainnya,” jelas Albert.

KM Express Cantika 77 rute Kupang – Alor mengalami kebakaran di Perairan Naikliu pada Senin siang, 24 Oktober 2022. Kapal yang berangkat dari PelabuhanTenau, Kota Kupang disebutkan membawa 167 penumpang dan 10 kru kapal, seperti informasi yang diterima KatongNTT malam ini.

Baca juga: Kelebihan Muatan, Perahu di Rote Terbalik, 7 Orang Meninggal

Laporan Antara pada Senin sore menyebutkan,   seorang pasien  Rumah Sakit Umum Daerah W.Z, Johanis di Kupang yang meninggal ada di dalam kapal tersebut. Pasien itu bernama  Wise Gabriella Benu, 11 tahun. Berdasarkan surat keterangan RSUD W.Z. Johanis, pasien ini meninggal pada 24 Oktober 2022 dan diizinkan untuk diberangkatkan dengan angkutan laut menuju Kalabahi, Kabupaten Alor.

Satu jenazah lainnya adalah balita bernama Khalid Alfarizky Tulimau berusia 1,3 tahun . Balita ini tinggal di jalan Komodo RT 10 RW 05 Kelurahan Nusa Kenari, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor.

Jenazah ketiga yang ditemukan dalam kebakaran KM Express Cantika 77 adalah Johan, 57 tahun. Korban merupakan warga RT Kebun Teluk Dalam Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“Proses pencarian masih dilakukan tim SAR dan Kepolisian di Polsek Naiklu juga terus membantu tim SAR dalam melakukan upaya pencarian dan evakuasi para penumpang,” kata Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Provinsi Nusa Tenggara TImur, I Putu Sudayana mengatakan, tim SAR telah mengevakuasi 160 orang penumpang dan 158 orang di antaranya selamat dan dua penumpang ditemukan meninggal.

Baca juga: Data Korban Tewas dan Selamat dari Perahu Terbalik di Rote

Sumber informasi KatongNTT.com  menjelaskan kronologi tentang peristiwa KM Express Cantika 77 mengalami kebakaran:.

Jam 11.00 Wita, KM Express Cantika 77 meninggalkan Pelabuhan Tenau menuju Alor membawa 167 orang penumpang dan 10 kru kapal.

Sekitar jam 13.40 Wita, Kapal yang sedang berlayar di Perairan Nikliu tepatnya di titik koordinat 9•27’43.5”S 123•46’20.90 mengalami kebakaran.

Jam 14.34 Wita, satu orang penumpang  bernama Abdul Syukur Ali, 25 tahun, mahasiswa di Kabupaten Alor menyelamatkan diri ke tepi pantai Nikliu.

Jam 15.23 Wita, enam penumpang lainnya menyelamatkan diri ke pinggir pantai.

Jam 16.30 Wita, ditemukan penumpang yang meninggal dengan identitas Johan warga Kabupaten Gresik.

Belum ada penjelasan resmi penyebab KM Expess Cantika 77 mengalami kebakaran. Kapal ini diduga membawa jumlah penumpang melebihi kapasitasnya.  *****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *