Lepas Jenazah Sekda Domu, Gubernur NTT: ASN Terbaik, yang Saya Percayai

Jenazah Sekda NTT, almarhum Domu Warandoy hari ini diberangkatkan ke Sumba Timur. Jenazah disemayamkan di kantor Gubernur NTT.

Jenazah Sekda NTT disemayamkan di kantor Gubernur NTT sebelum diberangkatkan ke Sumba Timur (Joe-KatongNTT)

Jenazah Sekda NTT disemayamkan di kantor Gubernur NTT sebelum diberangkatkan ke Sumba Timur (Joe-KatongNTT)

Kupang – Suasana haru menyelimuti seluruh ASN dan pimpinan daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ratusan ASN berseragam Korpri memadati halaman kantor Gubernur NTT menanti kedatangan jenazah Sekda NTT, almarhum Domu Warandoy.

Jenazah almarhum Domu Warandoy hari ini, Selasa, 04 Oktober 2022 diberangkatkan ke Sumba Timur. Sebelum dibawa ke Bandara El Tari Kupang, jenazah disemayamkan di kantor Gubernur NTT.

Dari pintu masuk halaman kantor Gubernur NTT, ratusan ASN berjejer disisi kiri dan kanan jalan. Mereka menyambut jenazah almarhum yang baru menjabat Sekda NTT dua bulan lebih itu.

Hari masih pagi, saat mobil ambulans yang membawa jenazah almarhum memasuki halaman kantor Gubernur NTT. Ambulans berjalan pelan diikuti rombongan keluarga dan mobil Gubernur.

Peti jenazah itu dibaluti kain tenun Sumba. Jenazah digotong dari mobil ambulans yang berhenti di depan pintu masuk lantai 1. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bertindak sebagai inspektur upacara.

Baca juga: Sekda NTT Tewas Dalam Kecelakaan Tunggal

Viktor mengaku kehilangan orang salah satu ASN terbaik yang dipercayainya. Viktor berkisah, dirinya sudah sejak lama memantau alamarhum.

Sebagai seorang politisi, Viktor bertemu almarhum Domu Warandoy saat masih menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Sumba Timur. Berawal dari pertemuan itu, Viktor terus memantau sosok Domu.

Saat mantan Sekda NTT, Benediktus Polo Maing memasuki masa purna tugas, Viktor mulai mencari sosok birokrat yang tepat untuk mengisi jabatan Sekda. Dari semua Kabupaten/Kota maupun internal pemerintah provinsi, Viktor melihat sosok Domu Warandoy paling tepat menduduki jabatan Sekda NTT.

“Beliau adalah salah satu ASN yang sangat profesional, punya kredibilitas dan mampu mengerjakan tugas-tugas berat yang diberikan kepadanya,” ujar Viktor.

Domu Warandoy dilantik sebagai Sekda NTT pada 13 Juli 2022. Belum genap tiga bulan menjalankan tugas, sebuah kecelakaan tunggal merenggut nyawanya.

Dalam perjalanan pulang menuju rumah jabatan Sekda NTT di Kelapa Lima, alamarhum yang menyetir seorang diri keluar dari ruas jalan dan menabrak pohon di sisi kanan jalan. Peristiwa Minggu, 02 Oktober 2022 dini hari itu mengakhiri ziarah Domu Warandoy di bumi.

Jenazah Sekda NTT, almarhum Domu Warandoy disemayamkan di kantor Gubernur NTT (Joe-KatongNTT)

“Dalam hidup saya, ini salah satu waktu-waktu saya yang paling berat,” kata Viktor.

“Karena orang yang saya percayai menjadi sekretaris daerah provinsi Nusa Tenggara Timur ini sudah saya pantau jauh sebelum saya jadi gubernur,” sambungnya.

Baca juga: Besok Jenazah Sekda NTT Diberangkatkan ke Sumba Timur

Walau berat menerima kenyataan, Viktor mengatakan sebagai umat yang beriman, setiap peristiwa harus disyukuri. Kehidupan dan kematian adalah rencana Sang Pemilik Kehidupan.

“Selamat jalan saudaraku, kita akan bertemu dalam kehidupan yang abadi,” ucap Viktor.

Sebagai Gubernur, Viktor memberikan penghormatan terakhir untuk melepas jenazah almarhum Domu Warandoy. Selanjutnya diikuti oleh mantan Wakil Gubernur NTT, Eston Foenay, Ketua DPRD NTT, Emylia Nomleni, unsur Forkompinda NTT, anggota dewan dan para pimpinan OPD.

Selepas penghormatan itu, jenazah dibawa menuju mobil ambulans untuk selanjutnya menuju ke Bandara El Tari. Istri almarhum dan kedua anaknya didampingi keluarga keluar bersama Gubernur NTT dan rombongan menuju halaman depan gedung Sasando.

Di luar ruangan, ratusan ASN berbaris di lapangan upacara halaman kantor Gubernur NTT. Mengiringi kepergian jenazah almarhum Domu Warandoy, para ASN memberikan penghormatan yang terakhir. Bendera merah putih dikibarkan setengah tiang sebagai bentuk penghormat terhadap jasa almarhum.

Isak tangis melepas kepergian sang birokrat tulen. Selamat jalan Sekda NTT, Domu Warandoy, kami turut berbelasungkawa.(Joe)

Baca juga: Kepala Dinas Peternakan Diangkat Jadi Plt Sekda NTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *