BMKG Sebut NTT dan Sebagian Wilayah Lainnya Alami Monsun Break, Apa Artinya?

“Monsun break biasanya sering terjadi di bulan Desember atau sebelum memasuki puncak musim hujan,” kata BMKG menjelaskan.

Ilustrasi hujan petir (Basis13.com)

Ilustrasi hujan petir (Basis13.com)

Kupang– Sekalipun sudah memasuki musim hujan, sebagian besar wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami panas terik.  Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika NTT, saat ini di sebagian wilayah Indonesia sedang mengalami monsun break.

Seperti hari ini, BMKG melaporkan potensi hujan disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di NTT hari ini, 13 Desember 2022. Yakni Kota Kupang, Kupang, Malaka, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Manggarai, Manggarai Barat, dan Ngada.

Namun, matahari bersinar terik pagi ini di Kota Kupang. Angin semilir saja tidak muncul.

Baca juga: Kepala BMKG: Semakin Tinggi Kertidakpastian dan Kompleksitas Fenomena Alam

Mengapa monsun break terjadi di sebagian wilayah Indonesia termasuk NTT? Menurut BMKG,  monsun break adalah fase di mana intensitas hujan menurun setiap tahunnya pada saat musim hujan.  Fase ini sudah umum terjadi di setiap tahun. Fase ini bukan berarti tidak ada hujan sama sekali. Namun intensitasnya menurun dibanding sebelumnya.

Monsun break biasanya sering terjadi di bulan Desember atau sebelum memasuki puncak musim hujan,” kata BMKG menjelaskan kepada KatongNTT.com,  Selasa, 13 Desember 2022.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Tinggi Gelombang 5 Meter di NTT

Setelah fase monsun break terlewati, intensitas hujan akan kembali meningkat karena saat ini suhu permukaan laut di NTT dan Indonesia masih hangat. Itu artinya masih cukup banyak suplai uap air untuk mendukung proses pertumbuhan awan hujan. Dan, didukung oleh kelembaban udara tiap lapisan yang masih cukup basah.

Berdasarkan analisa prakiraan cuaca Stamet  El Tari Kupang, untuk wilayah NTT diperkirakan 2 hingga 3 hari ke depan hujan akan kembali normal.*****

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *