Rambangaru di Sumba Timur Alami Kekeringan Ekstrem

Ilustrasi - Lahan pertanian yang kering akibat hari tanpa hujan di Kabupaten Kupang, Pulau Timor, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Ilustrasi - Lahan pertanian yang kering akibat hari tanpa hujan di Kabupaten Kupang, Pulau Timor, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Kupang – Wilayah Rambangaru di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) diperkirakan mengalami hari tanpa hujan atau HTH kategori ekstrem panjang. Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan wilayah tersebut mengalami HTH dengan lebih dari 60 hari.

“Daerah dengan kategori ekstrem panjang ini rawan akan ancaman kekeringan dengan kondisi HTH lebih dari 60 hari,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji dalam keterangan yang diterima di Kupang, Selasa, (31/5/2022).

Menurut Adji, pemantauan HTH berturut-turut dasarian III Mei 2022 diperbaharui per 31 Mei 2022. Pada umumnya, wilayah NTT mengalami HTH dengan kategori sangat pendek atau 1-5 hari.

Namun beberapa wilayah mengalami HTH kategori sangat panjang yakni 21-30 hari. Wilayah tersebut yakni sekitar Warukasu Ende, sekitar Wairing Lembata, sekitar Kawangu dan Kamanggih Sumba Timur, sekitar Stramet, Tardamu, dan Daieko Sabu Raijua.

Baca juga: Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan di NTT

Selain itu di Kota Kupang sekitar Mapoli, Fatubena, dan Fatubesi, Kabupaten Kupang sekitar Oekabilti, Camplong, Baumata, Oelnasi, Oenesu, dan Oemofa, serta Timor Tengah Utara sekitar Batu Putih.

Daerah yang mengalami HTH kategori sangat panjang dan kategori ekstrem panjang diminta untuk mengantisipasi kekeringan meteorologis. Adji mengatakan, ancaman kekeringan dapat berdampak pada krisis air bersih maupun rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Masyarakat perlu memiliki ketersediaan air yang cukup untuk kebutuhan dalam menghadapi ancaman kekeringan selama musim kemarau,” kata Adji.[Joe]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *