Sejumlah Daerah di NTT Alami Hujan Disertai Angin Kencang

Ilustrasi angin kencang (KatongNTT.com)

Ilustrasi angin kencang (KatongNTT.com)

Kupang – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami hujan ringan hingga hujan sedang disertai angin kencang pada, Rabu (9/3/2022).

Pada pagi hari, rata-rata wilayah NTT mengalami cuaca berawan hingga hujan ringan. Hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Sabu Raijua.

Potensi hujan ringan sampai sedang yang disertai petir dan angin kencang sesaat diprediksi terjadi pada siang hingga sore hari pada beberapa wilayah di NTT. Wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ini antara lain, Kabupaten Belu, Timor Tengah Utara (TTU), Timor Tengah Selatan (TTS), Sumba Timur dan Sumba Tengah.

Selanjutnya, Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Ngada, Nagekeo, Ende, Alor dan Malaka diprediksi mengalami cuaca yang sama.

Cuaca malam hari nanti diperkirakan rata-rata berawan sampai hujan ringan. Potensi hujan sedang terjadi di wilayah Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Cuaca cerah berawan hingga berawan tebal berpotensi terjadi di wilayah NTT pada dini hari. Potensi hujan ringan saat dini hari terjadi di wilayah Kupang, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Manggarai Barat, Manggarai Timur dan Kab. Kupang. Dan potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Sabu.

Masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah NTT. Daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut yakni di wilayah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kab.Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Barat,Sumba Barat Daya, Sumba Timur dan Sumba Tengah.

BMKG juga menyampaikan rata-rata suhu di wilayah NTT berkisar antara 22 sampai 32 derajat celsius. Kecuali di Kota Ruteng dan Bajawa suhunya berkisar antara 17-26 derajat celsius. Dengan kelembapan udara berkisar 70 sampai 95 persen.

Kecepatan angin di wilayah NTT mencapai 30 sampai 40 km/jam. Dengan kondisi angin bertiup dari arah Barat menuju Utara. (K-04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *