Waspada, 9 Daerah di NTT Alami Hujan Deras dan Angin Kencang

Ilustrasi angin kencang (KatongNTT.com)

Ilustrasi angin kencang (KatongNTT.com)

Kupang– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang mengeluarkan peringatan potensi hujan di wilayah NTT hari ini. 9 wilayah diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga deras.

Wilayah tersebut yakni Manggarai, Ngada, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, Rote dan Sabu.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi mengatakan, hujan yang terjadi di NTT berpotensi disertai angin petir dan angin kencang dalam waktu singkat.

Agung mengatakan, eks Siklon Tropis Anika terpantau berada di selatan barat daya Rote sekitar 940 km. Posisinya saat ini berada di Samudera Hindia Australia Barat 19.0 Lintang Selatan dan 121.3 Bujur Timur.

Eks Siklon Tropis Anika ini diprediksi melemah seiring pergerakannya ke arah selatan – barat daya menuju daratan Australia Barat. Kondisi ini membentuk daerah pertemuan atau perlambatan angin (konvergensi) di wilayah NTT.

“Dampak tidak langsung dari Siklon Tropis ini meningkatkan kecepatan angin di wilayah NTT,” tulis Agung dalam keterangan resminya.

Terdapat juga gelombang equatorial Rossby yang aktif di wilayah NTT. Kondisi ini meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan (konvektif) di NTT dengan kondisi cuaca hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai dampak yang bisa terjadi akibat dari curah hujan sedang hingga deras ini. Kondisi hujan disertai angin kencang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin dan sambaran petir.

“Khusus daerah dengan topografi curam/bergunung/ tebing, patut waspada potensi longsor dan banjir bandang pada saat hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dalam durasi yang panjang,” jelas Agung. (K-04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *