Waspada Potensi Angin Kencang Hari Ini di Wilayah NTT

Ilustrasi angin kencang

Ilustrasi angin kencang

Kupang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/8/2022). BMKG memprediksi angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Flores Timur, Pulau Alor, Timor, Rote, Sabu dan Sumba.

Kecepatan angin pada wilayah-wilayah tersebut mencapai 50 km/jam. Kondisi ini diperkirakan terjadi hari ini hingga besok pukul 08.00 WITA.

Rata-rata wilayah NTT mengalami angin kencang dengan kecepatan 30 – 50 km/jam. Suhu di NTT berkisar 13 – 32 derajat celscius. Wilayah Pulau Timor, Sumba, Alor sebagian Flores mengalami kondisi yang sangat panas, diperkirakan suhu mencapai 32 derajat celscius.

BMKG mengimbau masyarakat untuk menghindari potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Apalagi saat ini 96 persen zona musim (ZOM) di NTT sudah berada pada musim kemarau.

Kondisi ini sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. BMKG menjelaskan, tingkat kelembapan udara di NTT berkisar antara 50-90 persen.

Rata-rata wilayah di NTT mengalami cuaca cerah di pagi hari. Siang hari sampai sore, rata-rata cerah berawan hingga berawan. Ada beberapa wilayah seperti Manggarai Timur, Ngada dan Ende yang diperkirakan mengalami hujan ringan.

Dimalam hari, cuaca di NTT diperkirakan cerah berawan hingga berawan tebal. Hujan ringan diperkirakan masih terjadi di wilayah Manggarai Timur dan Ngada.(Joe)

Baca juga: NTT Dilanda Angin Kencang Sampai 23 Juni, Ini Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *