Dubes RI Jajaki Peluang Ekspor Produk NTT di Rumania

Rombongan Dubes RI untuk Rumania M Amhar Azeth (berdiri paling kiri) dan Wakil Ketua Dekranasda NTT Maria Fransiska Nai Soi (Duduk, kedua dari kiri) usai meninjau berbagai produk khas NTT di gedung Dekranasda NTT, Rabu, 6 Juni 2022. (KatongNTT.com)

Rombongan Dubes RI untuk Rumania M Amhar Azeth (berdiri paling kiri) didampingi Wakil Ketua Dekranasda NTT Maria Fransiska Nai Soi (Duduk, kedua dari kiri) saat berkunjung ke gedung Dekranasda NTT, Rabu, 6 Juni 2022. (KatongNTT.com)

Kupang – Duta Besar Republik Indonesia untuk Rumania & Republik Moldova, M. Amhar Azeth dan istrinya Martiyas Indriastuti, berkunjung ke gedung Dekranasda NTT untuk meninjau produk-produk khas NTT yang berpotensi dijual di Rumania..

“Hari ini kami menyaksikan sendiri produk produk kerajinan ini untuk nanti masuk ke Rumania,” kata Amhar.

“Ada beberapa komunitas di Eropa yang menyukai produk-produk yang bersifat budaya. Nah itu yang jadi pasar kita,” lanjut Amhar.

Kunjungan diplomat Indonesia itu disambut istri Wakil gubernur NTT, Maria Fransiska Nae Soi.

Maria mengajak mereka menyusuri produk-produk UMKM pilihan di gedung Dekranasda NTT di antaranya kopi Arabika Bajawa. Kopi ini kemudian disuguhkan ke rombongan Dubes.

Kopi-kopi dari NTT ini menjadi salah satu produk yang akan dijual ke Rumania.

Konsuler Kehormatan RI untuk Rumania, Emil Sirbu mendampingi Dubes Amhar saat meninjau kopi produk NTT itu. Dia berencana membuka Flores Coffee di negara itu.

“Kopi ini memang pak Emil sudah tahu bahwa punya rasanya khusus yang tidak sama dengan kopi dari Sumatera misalnya. Jadi itu juga yang direncanakan pak Emil untuk dibuka Flores Coffee di Rumania,” papar Dubes Amhar.

Setelah meninjau produk kopi, Maria mengajak rombongan dubes itu untuk melihat produk kerajinan UMKM lainnya seperti tenun, teh kelor, dan tas anyaman dari daun lontar. Rombongan diplomat ini kemudian memborong produk-produk tersebut.

Amhar kemudian mengatakan program ekspor kerajinan ini akan didiskusikan bersama Gubernur NTT Victor B Laiskodat. Keduanya dijadwalkan bertemu setelah kunjungan ke Dekranasda .

“Nanti saya ketemu dengan Gubernur (NTT) untuk menyampaikan ini. Semoga disetujui,” kata Amhar.

“Mudah-mudahan mohon doanya untuk kerjasama ini sukses. Supaya produk-produk NTT bisa tembus ke Eropa,” ujar Amhar.*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *