KADIN NTT ke Dili Bahas Bebas Visa dan Buka Jalur Pelayaran Baru

Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto (Rita Hasugian - KatongNTT.com)

Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto (Rita Hasugian - KatongNTT.com)

Kupang – KADIN NTT bersama Gubernur NTT, hari ini, Kamis (19/5/2022) akan berkunjung ke Timor Leste untuk menghadiri acara pelantikan Presiden. Dalam kunjungan itu, KADIN NTT akan menjajaki peluang bisnis bersama negara tetangga Indonesia itu.

Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto kepada KatongNTT, Rabu (18/5/2022) di kantornya menjelaskan, sejumlah isu dibawa dalam kunjungan tersebut. Bobby menyebut, pihaknya mengundang Direktur Utama Citilink, dan GM Pelindo Kupang untuk hadir dalam pertemuan bersama para pengusaha Timor Leste melalui Chamber of Commerce and Industry atau KADIN Timor Leste.

Baca juga: NTT Ekspor Komoditas Unggulan Sedikitnya ke 11 Negara

Ia menjelaskan, isu yang akan dibahas di sana salah satunya adalah terkait perbatasan. Menurutnya, KADIN NTT ingin mendorong agar ada kebijakan diantara kedua negara khususnya di Pulau Timor, masyarakat kedua negara bisa diperbolehkan keluar masuk hanya dengan menggunakan KTP tanpa visa.

“Ini akan sangat menguntungkan kita di Timor ini seperti kebijakan di Batam dan Singapura,” jelas Bobby.

Jika kebijakan itu berjalan, Bobby yakin akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di NTT. Ia mengatakan, NTT bisa diuntungkan dengan mengekspor produk-produknya ke negara tetangga itu, sebaliknya Timor Leste bisa menjadi jalur impor ke NTT.

“Jadi bisa terjadi hubungan dagang yang bagus,” kata Bobby.

Isu lain yang turut dibahas nanti adalah transportasi udara. Bobby mengatakan, Citilink sedang mengkaji dan mengevaluasi rute penerbangan internasional Kupang – Dili – Darwin. Rute penerbangan itu kata Bobby pernah ada dulu. Pembahasan itu untuk mematangkan rencana tersebut.

Di bidang transportasi laut, kata Bobby, GM Pelindo akan membahas tentang pelabuhan peti kemas internasional. Menurutnya, pembahasan itu akan berfokus pada jalur pelayaran Kupang, Dili dan Darwin.

Baca juga: Memotret Kesiapan Pelabuhan Tenau Jadi Terminal Peti Kemas Internasional

“Ini yang terus kita mimpikan tentang triangle Kupang, Dili dan Darwin. Itu usaha dari KADIN NTT,” jelasnya.

Bobby terus berupaya mewujudkan segi tiga bisnis itu. Menurutnya, apabila rencana itu bisa disepakati dan mulai beroperasi maka akan memberi dampak positif bagi perekonomian NTT.

“Saya percaya jika ini terjadi maka akan terjadi satu lonjakan besar bagi NTT,” ujar Bobby.

General Manager (GM) Pelindo Kupang, Agus Nazar mengatakan kehadiran dirinya di Timor Leste mendampingi Ketua KADIN NTT untuk memastikan kesiapan fasilitas pelabuhan NTT untuk mendukung hubungan perdagangan bilateral antara NTT dan Timor Leste.

Agus mengatakan pelabuhan Tenau Kupang saat ini sudah berstandar internasional. Namun pola perdagangan yang sedang dijalankan saat ini masih domestik.

“Belum ada kapal yang secara direct call ke luar negeri yang disebabkan oleh kuantitas dan kontinuitas barang ekspor yang terbatas melalui NTT,” jelas Agus, Rabu (18/5/2022) malam.

Agus mengatakan, pihaknya selalu siap mendukung program-program baik dari pemerintah maupun dari KADIN NTT. Menurutnya, pihaknya hanya menunggu hasil pertemuan antara KADIN NTT juga KADIN Timor Leste.

“Kita optimis dan selalu percaya bahwa peluang itu selalu ada,” tegas Agus.

KatongNTT berusaha menghubungi pihak Citilink namun belum mendapatkan respon.[Joe]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *