Lokasi Pencarian Korban KM Express Cantik 77 Diperluas ke Kupang & Semau

Tim SAR Gabungan melakukan operasi pencarian korban kebakaran KM Express Cantika 77 di perairan laut Timor (Basarnas Kupang)

Tim SAR Gabungan melakukan operasi pencarian korban kebakaran KM Express Cantika 77 di perairan laut Timor (Basarnas Kupang)

Kupang – Pencarian korban kebakaran KM Express Cantika 77 memasuki hari ke-5. Kepala Basarnas Kelas A Kupang, I Putu Sudayana menjelaskan, peta lokasi pencarian para korban diperluas dan mengarah ke pesisir Kupang dan Semau.

Putu mengatakan, penentuan lokasi pencarian berdasarkan lokasi terakhir penemuan korban. Area pencarian ini mempertimbangkan arah angin dan arah arus air laut. Kemudian peta lokasi itu dimasukan dalam aplikasi SARMAP.

“Sesuai SARMAP yang ada, luasannya ini mengarah mendekati Kupang atau mendekati Pulau Semau. Ini kita laksanakan hari ini dan mudah-mudahan bisa membuahkan hasil,” ujar Putu pada Jumat (28/10/2022) di pelataran kantor Basarnas Kupang.

Pada pencarian hari ke-5 ini, tim SAR Gabungan juga melibatkan keluarga korban dalam operasi tersebut. Putu mengatakan, ada 4 orang dari pihak keluarga yang berada di KN Antareja SAR milik Basarnas Kupang.

“Kami libatkan kami undang karena saat ini sudah ikut bersama dalam pencarian di tengah laut sehingga nanti mereka bisa menginformasikan ke keluarga korban,” jelasnya.

Baca juga: KSOP Kupang Sebut Kapasitas KM Express Cantika 77 Sebanyak 402 Orang

Putu menambahkan, korban yang ditemukan terakhir berada di sekitar tanjung Mas dan tanjung Barate. Jarak penemuan korban dengan lakasi kebakaran sekitar 20 nautical mile.

“Nah ini sudah cukup jauh terbawa arus, kami melaksanakan operasi Sar ini berdasarkan operasi SAR Map, yang memang di kirim dari kantor pusat. Kebetulan search area itu lokasi korban juga masuk dan korban pun berhasil ditemukan,” jelasnya.

Operasi pencarian korban KM Express Cantika 77 akan dilaksanakan selama 7 hari. Setelah hari ke-7, kata Putu, akan dilakukan evaluasi untuk menentukan apakah perlu ada perpanjangan masa pencarian atau tidak. Hasil pencarian 3 hari terakhir ini akan menjadi salah satu pertimbangan dalam evaluasi.

“Akan ada evaluasi dari tim SAR Gabungan, apakah (pencarian) itu dihentikan ataukah nanti akan diperpanjang. Nah perpanjangan itu berapa hari nanti kita adakan evaluasi dengan seluruh tim SAR Gabungan,” jelas Putu.*****

Baca juga: Tim SAR Temukan 1 Jenazah KM Express Cantika 77, Total 19 Meningga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *