Muat 839 Orang, KM Sirimau Kandas di Perairan Ile Ape

Arsip Foto. Kapal penumpang milik PT PELNI, KM Sirimau, di wilayah perairan Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA /Kornelis Kaha)

Arsip Foto. Kapal penumpang milik PT PELNI, KM Sirimau, di wilayah perairan Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA /Kornelis Kaha)

Kupang – KM Sirimau kandas di perairan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (17/5/2022). Sebanyak 839 yang terdiri dari 784 penumpang dan 55 orang berada dalam kapal milik PT PELNI (Persero) itu.

Manajer Humas PT PELNI Idayu Adi Rahajeng mengatakan, KM Gandha Nusantara 14 dikerahkan untuk menarik KM Sirimau. Ia mengatakan bahwa Management Response Team (MRT) PT PELNI berkoordinasi dengan kantor cabang dan otoritas terkait untuk menangani kapal penumpang yang kandas tersebut.

“Seluruh penumpang di atas kapal yang berjumlah 784 penumpang dan kru KM Sirimau ini dalam keadaan sehat dan selamat,” katanya mengenai penumpang dan kru KM Sirimau yang melakukan perjalanan dari Pelabuhan Lembata ke Pelabuhan Maumere.

Kepala Syahbandar Lewoleba di Kabupaten Lembata Abdul Syukur Muklis mengatakan bahwa Kantor Syahbandar menerima informasi mengenai kandasnya KM Sirimau sekitar pukul 14.30 WITA.

“Kami dapat info dari awak kapal. Setelah berkoordinasi kami sepakat kerahkan KM Gandha Nusantara 14 untuk membantu menarik KM Sirimau,” katanya.

Ia mengatakan bahwa proses penggeseran KM Sirimau yang kandas dilakukan saat kondisi air laut sudah baik agar lebih mudah.

Baca juga : Ketua Pemuda Gereja di TTS Perkosa Anak SMK

Menurut dia, pada pukul 22.30 WITA diperkirakan air laut akan naik sehingga akan memudahkan proses penarikan kapal penumpang itu.

KM Sirimau berangkat dari pelabuhan Tenau Kupang, Selasa (17/5/2022) dan tiba di pelabuhan Lewoleba pukul 10.05 WITA. Selanjutnya kapal melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Maumere pukul 13.00 WITA.

Tim Basarnas Maumere sudah diterjunkan ke lokasi kejadian. Kepala Basarnas Maumere, I Putu Surdayana kepada KatongNTT mengatakan, tim yang sudah tiba di lokasi berkoordinasi untuk evakuasi penumpang.

“Perkembangan terkini bahwa Tim Rescue Basarnas Maumere sudah tiba di lokasi kejadian dan sedang berkoordinasi dengan KM Gandha Nusantara 14 untuk membantu proses evakuasi,” jelas Surdayana.

Untuk proses evakuasi, KM Gandha Nusantara 14 akan merapat dari lambung bagian kiri KM Sirimau. Proses evakuasi akan dibantu oleh RIB 500 PK Maumere.[Joe/ANTARA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *