Stok Beras di NTT Aman Hingga Empat Bulan Ke Depan

Kupang – Menuju Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, Pemimpin Wilayah Badan Urusan Logistik (Bulog) NTT, Mohamad Alexander memastikan stok beras Bulog di NTT aman.

Saat ini kurang lebih 15 ribu ton tersebar di seluruh NTT.

“Khusus NTT saya katakan aman untuk empat bulan ke depan,” kata Alexander kepada awak media di kantornya, Jumat, 23/12/2022.

Baca Juga: Sambut Nataru, Tidak Ada Tambahan Penerbangan di Bandara El Tari

Alexander menjelaskan, Bulog NTT telah menyerap beras dari petani lokal kualitas medium untuk kebutuhan Cadangan Beras Pemerintah di NTT. Yaitu sebanyak 1.250 ton. Atau sebesar kurang lebih 250% dari target yang telah ditetapkan perusahaan.

Sisanya masih harus diambil dari luar provinsi yakni dari Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Semoga ke depan kerja sama dengan beberapa stakeholder terutama dengan Pemda terkait bisa berjalan. Agar pertanian di NTT maju dan Bulog bisa menyerap beras lokal lebih banyak lagi sehingga kedepannya bisa mandiri. Tidak lagi disupply dari wilayah lain di luar provinsi NTT” kata Alexander.

Pasar Murah di depan kantor wilayah Bulog NTT yang dibuat untuk menekan inflasi bahan pokok di NTT (Ruth-KatongNTT)
Pasar Murah di depan kantor wilayah Bulog NTT yang dibuat untuk menekan inflasi bahan pokok di NTT (Ruth-KatongNTT)

Harga jual beras komersial Bulog jenis premium dibandrol dengan harga Rp11 ribu per kilogramnya. Untuk beras kualitas medium yang dijual untuk penyaluran Ketersediaan Pasokan Stabilisasi Harga (KPSH), diberi harga Rp8.600 per kilogramnya.

Selain itu, Bulog juga menyediakan produk pangan komersial lainnya seperti terigu, minyak goreng, bawang putih, dan bawang merah. Serta gula pasir yang dijual dengan harga di bawah pasaran.

Alexander mengungkapkan, Bulog hingga saat ini terus melakukan kegiatan pasar murah. Guna membantu menekan inflasi bahan pokok di NTT sejak September lalu saat terjadinya kenaikan BBM. Dan akan terus dilakukan pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti menjelang Nataru periode ini.

Baca Juga: Pertamina Siagakan 7400 SPBU Menyambut Nataru

Pasar murah Bulog bekerjasama dengan Pemda dilakukan dibeberapa kelurahan dan pasar. Serta juga dapat di temui di depan kantor gedung Bulog, di Jalan Palapa No. 14 Kupang.

Kegiatan pasar murah ini juga dilakukan di seluruh kantor cabang Bulog di tiap daerah di NTT.

Selain itu, Bulog juga memiliki outlet penjualan pangan pokok untuk masyarakat yang dibina oleh Bulog yang dinamai Rumah Pangan Kita (RPK). Yang telah ada dan tersebar diseluruh NTT sebanyak 2.240 outlet. *****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *