KADIN NTT Siap Ekspor Perdana Produk UMKM ke Timor Leste

Dalam bulan depan kita akan mempersiapkan ekspor perdana produk-produk UMKM kita dari NTT yang akan dipasarkan di toko-toko di Dili, Timor Leste

KADIN NTT bertemu KADIN Timor Leste bahas rencana bisnis (dok. KADIN NTT)

KADIN NTT bertemu KADIN Timor Leste bahas rencana bisnis (dok. KADIN NTT)

Kupang – Kamar dagang dan industri Nusa Tenggara Timur (KADIN NTT) melakukan persiapan ekspor perdana produk UMKM ke Timor Leste. Angin segar bagi pelaku UMKM itu datang setelah Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto bersama jajarannya bertemu dengan Camara Comercio Industria (CCI) atau KADIN Timor Leste.

Pertemuan itu berlangsung Jumat (20/5/2022) di Dili. Kunjungan KADIN NTT diterima oleh Presiden CCI, Oscar Lima.

Pertemuan tersebut membahas peluang perdagangan antara kedua negara. Bobby menjelaskan, pertemuan itu menyepakati hubungan perdagangan yang akan diusulkan kepada Pemerintah untuk menjadi NTT dan Timor Leste seperti Batam dan Singapura.

“Pertemuan itu membahas rencana perdagangan antar negara dan kemudahan dalam berbisnis, free trade zone dan kawasan bebas visa khusus bagi setiap orang yang tinggal di dalam pulau Timor,” kata Bobby kepada KatongNTT.

Baca juga: KADIN NTT ke Dili Bahas Bebas Visa dan Buka Jalur Pelayaran Baru

KADIN NTT juga menjajaki peluang ekspor produk UMKM NTT ke Timor Leste. Bobby bersama jajarannya mengunjungi beberapa Supermarket. Salah satunya disebutkan Bobby adalah Supermarket Centro.

Supermarket ini kata Bobby cukup besar dan memiliki beberapa cabang. Dari kunjungan itu, KADIN NTT mendapatkan kepastian ekspor produk UMKM ke Dili yang akan dipasarkan di Supermarket Centro.

“Dan telah melakukan kesepakatan, dimana Centro supermarket ini akan memberikan space khusus kepada produk UMKM dari NTT yakni di rak depan,” kata Bobby.

Tempat khusus bagi produk UMKM NTT ini akan diberikan selama masa promo yakni selama kurang lebih 3 bulan. Bobby dalam kunjungan tersebut membawa beberapa produk UMKM yang langsung di tawarkan di Dili.

“Dalam bulan depan kita akan mempersiapkan ekspor perdana produk-produk UMKM kita dari NTT yang akan dipasarkan di toko-toko di Dili, Timor Leste,” jelasnya.

Upaya memperluas kan pasar ini, kata Bobby sebagai upaya memajukan UMKM NTT dan membawa produk UMKM NTT go internasional.

Bobby menjelaskan, beberapa produk yang akan masuk ke Timor Leste yakni La Moringa, Coklat Ghaura, kecap cap malada, minyak serei. Selanjutnya ada kopi sumbra, Valdano kopi mane dan beberapa produk kopi lainnya dan juga madu dari NTT.

“Mudah-mudahan bulan depan kita bisa melakukan ekspor perdana,” katanya.

Baca juga: Menyusuri Sejarah Cokelat Ghaura Hadir di NTT

KADIN NTT juga membuka ruang bagi UMKM lain di NTT yang ingin memasarkan produknya di Timor Leste. Bobby meminta para pelaku UMKM yang ingin produknya go internasional untuk menghubungi KADIN lounge NTT untuk pembahasan produk.

Presiden CCI, Oscar Lima membenarkan kunjungan Ketua Kadin Provinsi NTT bersama beberapa pengurus pada Jumat pekan lalu.

Dalam pertemuan, kata Oscar, pihak Kadin Timor Leste membahas bidang transportasi. Pihaknya berharap transportasi yang membawa komoditas dari Timor Leste dipermudah untuk masuk wilayah NTT.

Sehingga kerjasama ini dapat berjalan adil Krn selama ini transportasi kendaraan membawa komoditi dari NTT dipermudah untuk masuk wilayah Timor Leste.

“Jangan dipersulit untuk masuk ke wilayah NTT,” kata Oscar kepada KatongNTT melalui telepon pada Senin, 23 Mei 2022.

Oscar pun berjanji akan meneruskan ke pemerintah tentang keluhan Kadin NTT terhadap waktu tunggu kendaraan pembawa komoditi dari NTT di perbatasan Mota’ain yang mencapai 2 jam bahkan bisa sampai 3 jam.

“Ini terlalu lama waktu tunggu. Ini masalah urgent untuk kami sampaikan ke Menteri Transportasi dan Menteri Luar Negeri,” ujar Oscar.

Oscar mengatakan Kadin Timor Leste segera menyurati Menteri Transportasi dan Menteri Luar Negeri agar masalah ini segera diselesaikan. “Tidak bagus. Kami tidak setuju,” ujarnya.[Joe/Rita]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *