Strategi Ketua KADIN NTT Gaet Investor di Forum B20

Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto mengalungkan kain tenun NTT kepada CEO BloombergNEF, Jhon Moore disaksikan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan (dok. KADIN NTT)

Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto mengalungkan kain tenun NTT kepada CEO BloombergNEF, Jhon Moore disaksikan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan (dok. KADIN NTT)

Kupang – Kain tenunan Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu andalan Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto menggaet investor di forum B20. Saat berkunjung ke Amerika Serikat dan Kanada, Bobby membawa kain tenun NTT dan mengalungkan pada beberapa pengusaha yang ditemui.

B20 atau Business 20 adalah sebuah forum bagi para pengusaha dari negara-negara yang bergabung dalam forum G20 (Government 20). Tahun ini, Indonesia dipercayakan sebagai Presidensi G20 yang akan dilaksanakan di Bali. Labuan Bajo menjadi salah satu daerah yang melaksanakan rangkaian G20.

Bobby adalah salah satu dari delegasi Indonesia yang datang ke Amerika Serikat dan Kanada. Hadir dalam roadshow tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Ketua KADIN Indonesia Arsjad Rasjid.

Delegasi itu menghadiri BloombergNEF Summit kemudian bertemu CEO BloombergNEF, Jhon Moore. BloombergNEF merupakan perusahaan penyedia penelitian strategis yang mencakup pasar komoditas global dan teknologi yang mendorong transisi ke ekonomi rendah karbon.

BloombergNEF bersedia datang ke Indonesia dan akan melaksanakan BloombergNEF Summit Bali sehari sebelum KTT B20 November 2022.

Baca juga: KADIN NTT Siap Ekspor Perdana Produk UMKM ke Timor Leste

Sebagai satu-satunya perwakilan dari NTT, kesempatan itu tak ingin disia-siakan oleh Bobby. Dihadapan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, Bobby mengalungkan kain tenun NTT kepada Jhon Moore.

Seraya menjelaskan kain tenunan itu kepada Jhon Moore, Ketua KADIN NTT Bobby Lianto juga meminta agar BloombergNEF berkesempatan datang ke Labuan Bajo.

“Kami mengundang pengusaha-pengusaha dan corporate-corporate di Amerika Serikat untuk datang ke B20 di Bali dan secara khusus saya mengundang untuk datang ke Labuan Bajo,” kata Bobby kepada KatongNTT di Kupang, Rabu (25/5/2022).

Di Indonesia, KADIN dipercayakan oleh Pemerintah sebagai penyelenggara B20. Dan KADIN NTT akan menjadi penyelenggara side event B20 di Labuan Bajo.

Rombongan dari Indonesia juga menemui Michael Bloomberg, CEO Bloomberg. Selain itu, mereka juga menemui American Chamber of Commerce and Industry atau KADIN Amerika Serikat dan mengundang mereka datang ke Indonesia.

“Mereka akan hadir Agustus dan September di Bali dan jika berkesempatan mereka akan datang ke Labuan Bajo,” jelasnya.

Baca juga: KADIN NTT ke Dili Bahas Bebas Visa dan Buka Jalur Pelayaran Baru

Ketua Penyelenggara B20 Indonesia, Shinta W. Kamdani mengatakan, roadshow ke Amerika dan Kanada itu untuk memapwrkan peluang investasi kepada para investor kedua negara terkait energi dan pembiayaan berkelanjutan.

Shinta mengatakan, proyek transisi hijau yang akan didorong melalui B20 Indonesia, diharapkan menjadi salah satu warisan B20 untuk dunia yang diupayakan melalui net zero roadmap yang bertujuan menciptakan lebih banyak peluang bisnis, lapangan kerja bersih dan hijau hingga pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan kolaboratif.

“Saat itu, kita membahas mengenai transisi energi hijau yang merupakan salah satu isu strategis yang didorong oleh Presidensi G20 Indonesia. Jadi, di AS dan Kanada ini kami berkeliling menemui beberapa calon investor sekaligus termasuk di antaranya Michael Bloomberg selaku Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Ambisi dan Solusi Iklim, Pendiri Bloomberg LP dan Bloomberg Philanthropies, dan Anggota B20 International Advocacy Caucus,” ungkap Shinta, dikutip dari ANTARA. [Joe/Rita]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *