Cherilia Bergit Juara Bintang Radio Nasional, Buah Tekun Berlatih Belasan Tahun

Kupang – Cherilia Bergit Fernandez, remaja 17 tahun dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih juara Bintang Radio tingkat nasional tahun 2022. Prestasi tersebut merupakan buah dari ketekunannya berlatih selama belasan tahun.

Bintang Radio merupakan perlombaan menyanyi yang diadakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI).

Putri dari pasangan Leo Andre Fernandez dan Loryta Kore itu mewakili RRI Pro 2 Kupang. Ia berangkat ke Jakarta setelah meraih juara Bintang Radio di Kota Kupang.

Sebelum ke Jakarta, para peraih juara di daerah mengirim video mereka bernyanyi untuk diseleksi. Seleksi itu hanya memilih masing-masing 5 orang untuk kategori putri dan putra.

Baca juga: Oma Lin Menginspirasi Warga Mbay Bertanam Jagung

Cherilia berhasil masuk 5 besar dan berangkat ke Jakarta. Para finalis kemudian mengikuti karantina sebelum babak final pada Sabtu (26/11/2022).

Prestasi yang diraih Cherilia menjadi kebanggaan tidak hanya bagi dirinya namun jadi kebanggan bagi keluarga dan warga NTT. Pasalnya, Cherilia baru pertama kali mengikuti ajang tersebut dan berhasil meraih juara nasional kategori putri.

Kebanggaan itu turut dirasakan Dedi Bartels, pelatihan vokal Cherilia sejak berusia 4 tahun. Dedi bahkan berkaca-kaca saat mengungkapkan perasaannya menyaksikan anak didiknya meraih prestasi tingkat nasional.

“Kebanggaan seorang pelatih itu kita melihat didikannya meraih prestasi. Kebanggaan itu bahkan tidak bisa diukur dengan uang meski dalam jumlah yang banyak,” ujar Dedi saat ditemui bersama Cherilia dan ayahnya di Kota Kupang, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Detak Asa Penjual Jagung Rebus di Oesao

Menurut Dedi, Cherilia memiliki karakter suara yang unik. Karakter suara itu, menurutnya menjadi senjata Cherilia.

“Itu yang saya poles sehingga senjata itu benar-benar tajam dan bermanfaat,” kata Dedi.

Orang tua Cherilia pun sangat mendukung potensinya. Ayah Cherilia, Leo Andre Fernandez mengatakan, bakat anaknya terlihat sejak kecil.

Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat pose bersama juara Bintang Radio Nasional, Cherilia Bergit Fernandez beseeta orang tua dan pelatih vokalnya (Joe-KatongNTT)
Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat pose bersama juara Bintang Radio Nasional, Cherilia Bergit Fernandez beseeta orang tua dan pelatih vokalnya (Joe-KatongNTT)

Saat Dedi Balters mendirikan Rumah Musik dan Vokal Sarisando pada 2009, Cherilia menjadi salah satu murid. Cherilia kemudian bernyanyi di gereja dan mengikuti banyak perlombaan di Kota Kupang.

Beberapa prestasi menyanyi diraihnya di Kota Kupang. Pada 2018, Cherilia sempat mengikuti audisi Indonesian Idol Cilik.

“Puji Tuhan waktu itu saya lolos audisi di Kupang dan sampai 23 besar,” ujar Cherilia.

Baca juga : Menyelisik Prestasi Bola Voli SMA Efata Soe

Setelah itu, Cherilia terus mengasah kemampuannya. Ketekunan Cherilia tak sia-sia.

“Puji Tuhan saat final saya mendapat juara 1 Bintang Radio kategori putri,” ujar Cherilia.

Cherilia menyampaikan banyak terima kasih kepada semua orang yang sudah mendukungnya. Terutama bagi orang tua dan pelatih vokalnya di Kupang.

Ia juga berterima kasih kepada Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat. Julie yang selalu mendukung potensi anak-anak muda NTT itu menyiapkan kostum bermotif NTT bagi Cherilia selama mengikuti karantina.

Julie pun berpesan bagi Cherilia agar tetap rendah hati. Prestasi yang diraih, kata Julie menjadi pelecut semangat untuk terus berlatih dan berkarya.*****

Baca juga: Karya Tenun Pelajar NTT Tampil di Jakarta Fashion Week

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *